Tanaman Mangrove Bank bjb Menumbuh Suburkan Kepiting dan Udang Lagoon Karangtirta

    PANGANDARAN JAWA BARAT - Penanaman 2061 dari 10.000 pohon mangrove oleh bank bjb ini dalam rangka mendukung gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) demi mewujudkan sistem keuangan yang kuat, berintegritas dan berkelanjutan.

    Acara dihadiri oleh Direktur Kepatuhan bank bjb Cecep Trisna, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, Pejabat Pemprov Jabar, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Kepala Kantor Regional 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Pangandaran  Trisno serta pejabat terkait lainnya.

    Dalam sambutannya, bupati pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, Tanaman Mangrove Bank bjb ini diyakini akan Menumbuh Suburkan Kepiting, Udang dan ikan Lagoon Karangtirta, dan Lagoon ini akan nampak lebih Indah apabila banyak pohon mangrovenya.

    Air di lagoon ini merupakan pencampuran air laut dengan air tawar, yang mana ini adalah daerah pertumbuhan dan produktivitas "Pantai ini akan jauh nampak lebih indah dan aduhai apabila lebat hutan bakaunya, " kata Jeje, Rabu (25 /05/ 2022).

    Menurut Jeje, pantai karangtirta ini biasa kita sebut Lagoon. Yang mana lagoon ini biasa menghasilkan Oyster bahasa daerahnya Taritip. Juga di lagoon ini tempat berkembangbiaknya Susuh hitam, kepiting udang, ikan dan juga tempat pemancingan ikan belanak.

    Terima kasih bank bjb yang telah peduli pada lingkungan pantai karang tirta ini. Terima kasih atas tanaman mangrove yang telah diberikan kepada lagoon ini. 

    Kami tau kalau mangrove itu bakal memghidupi biota laut. Kami yakin jikalau pohon bakaunya nanti sudah tumbuh subur, ikan dan udang di lagoon ini pun akan turut tumbuh subur juga. Maka dari itu saya ucapkan selamat pada bjb dan terima kasih, " ucap jeje.

    Dikesempatan yang sama, Direktur Kepatuhan bank bjb Cecep Trisna mengatakan bahwa, alasan mengapa kami memilih menanam Mangrove...ya, ini didasari karena mangrove ini kan tumbuhan yang memiliki akar kuat dan satu sama lain saling terhubung hingga membentuk jalinan rumpun akar yang mampu menahan erosi dan ombak sehingga kawasan pesisir terhindar dari bahaya erosi.

    Kaitan dengan kegiatan bank bjb itu ya karena bjb berkomitmen untuk selalu mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Melalui Forum G20, dunia Internasional dan pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus terhadap Green Economy, yakni membangun perekonomian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.Salah satu aksi untuk menciptakan tatanan Green Economy tersebut yaitu dengan melawan aktivitas pencucian uang dari kejahatan lingkungan dengan  disebut Green Financial Crime.

    Selanjutnya, untuk penerapan program APU PPT bank bjb ini diimplementasikan berdasarkan pendekatan berbasis risiko dengan berpedoman pada penguatan 5 pilar yakni: 1. Pengawasan Aktif Dewan Komisaris dan Direksi, 2. Kebijakan & Prosedur, 3. Pengendalian Intern, 4. Sistem Informasi Manajemen, serta ke 5. Pelatihan & Sumber Daya Manusia, " paparnya.

    Lanjut Cecep, mengenai Akselerasi digital perbankan, itu dapat menjadi sebuah opportunity ekspansi bisnis, namun juga dapat menjadi sebuah tantangan dalam penerapan program APU PPT.

    "Maka dari itu, Sinergitas dan kolaborasi itu merupakan kunci untuk terus meningkatkan efektivitas penerapan program APU PPT di bank bjb, " kata Cecep.

    Juga, mengenai Kualitas peningkatan penerapan program APU PPT di bank bjb itu telah tercermin dalam kenaikan nilai Financial Integrity Rating bank bjb tahun 2021 dari 7, 62 menjadi 8, 05 dengan predikat sangat baik.

    Maka dari itu, Bank bjb juga konsisten dalam mendukung peningkatan Indonesia’s Financial Integrity dan proses keanggotaan Indonesia untuk menjadi anggota penuh FATF melalui penguatan penerapan program APU PPT secara berkesinambungan, " kata Cecep.

    Maka dari itu sebagai bagian dari gerakan 2 Dekade APU PPT, bank bjb telah  berkomitmen untuk terus menyempurnakan kebijakan dan sistem dalam mendeteksi dan mencegah praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme, khususnya praktik pencucian uang yang terkait dengan Green Financial Crime, " papar Cecep.

    Sedangkan, PPATK  menginisiasikan  bahwa, penanaman 10.000 pohon itu menjadi salah satu bentuk kepedulian untuk melestarikan lingkungan. Kegiatan penanaman Mangrove ini direalisasikan melalui kegiatan CSR bank bjb bagi lingkungan dan masyarakat di daerah Jawa Barat, " kata Cecep.

    Menurutnya, inisiatif penghijauan ini dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global. Dengan gencar menanam pohon, ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan akan lebih luas dan berkualitas.

    "Bank bjb berkolaborasi dengan PPATK, Pemerintah Daerah, dan para stakeholders dengan melakukan aksi nyata untuk melawan Green Financial Crime. 

    "Jadi, demi Indonesia Maju kita akan terus melawannya. Kita ingin indonesia ini tanpa Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme, ini demi terwujudnya Sistem Keuangan Yang Kuat, Berintegritas, dan Berkelanjutan, " tandas Cecep.

    Dalam hal ini kami berharap sinergitas dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan bisa seperti pohon Mangrove, mampu  memiliki akar kuat dan saling terhubung satu sama lain sehingga dapat melawan pihak-pihak yang merusak integritas dan keberlanjutan sistem keuangan Indonesia, " paparnya.

    Diketahui oleh kami bahwa objek wisata pantai Karang Tirta ini sudah lama vakum dan tidak terurus, maka dari itu untuk mengembangkan destinasi wisata di Kab Pangandaran,  pemerintah daerah tengah menghidupkan kembali objek wisata Karang Tirta dengan menyambungkan jalan lintas selatan dari pantai Pangandaran hingga ke pantai Madasari, " sebutnya. (Anton AS)

    Pangandaran jawa barat
    Anton atong sugandhi

    Anton atong sugandhi

    Artikel Sebelumnya

    Opak Makanan Cemilan Khas Pangandaran Yang...

    Artikel Berikutnya

    Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat Akan Menindak...

    Berita terkait